Senin, 25 Juli 2011

HARTA PUSAKA


Ketika saya mempersiapkan Firman Tuhan Untuk Ibadah hari ini, Tuhan berbicara mengenai Harta Pusaka. Setiap orang memperoleh harta warisan, tetapi harta pusaka diberikan kepada orang – orang tertentu. Harta pusaka ada didalam harta warisan. Harta warisan tersebut diperoleh keturunan. Harta warisan dan harta pusaka dilindungi oleh undang – undang.
Harta warisan semua anak mendapatkan, tetapi harta pusaka didapatkan oleh anak tertentu dan dengan kriteria tertentu. Hari ini Tuhan akan memberikan harta pusaka kepada kita.
Roma 11 : 11 “Maka aku bertanya : adakah mereka tersandung dan harus jatuh ? Sekali-kali tidak ! Tetapi oleh pelanggaran mereka, keselamatan telah sampai kepada bangsa – bangsa lain, supaya membuat mereka cemburu.”
Roma 11 : 17 “Karena itu apabila beberapa cabang telah dipatahkan dan kamu sebagai tunas liar telah dicangkokkan diantaranya dan turut mendapat bagian dalam akar  pohon zaitun yang penuh getah.”
Oleh karena bangsa Israel yang tidak bisa memenuhi kriteria yang Tuhan tetapkan dan mereka tersandung jatuh, maka kita memperoleh bagian dalam pohon zaitun yang sejati yaitu Tuhan Yesus Kristus. Kita adalah tunas liar yang dipotong dan disambungkan dengan pohon zaitun yang sejati.
Roma 11 : 18 – 20 “janganlah kamu bermegah terhadap cabang – cabang itu ! Jikalau kamu bermegah, ingatlah, bahwa bukan kamu yang menopang akar itu, melainkan akar itu yang menopang kamu. Mungkin kamu akan berkata : ada cabang – cabang yang dipatahkan, supaya aku dicangkokkan diantaranya sebagai tunas. Baiklah ! Mereka dipatahkan karena ketidakpercayaan mereka, dan kamu tegak bercacak, karena iman. Janganlah kamu sombong, tetapi takutlah.”
Untuk menjadi orang yang mewarisi harta pusaka kita harus dipotong terlebih dulu, karena kita adalah tunas liar. Kita harus menanggalkan karakter yang lama dan meninggalkan perkara – perkara yang lama. Kemudian kita baru disambung dengan pohon kehidupan. Tanaman yang baru disambung harus dibungkus dengan rapih agar dapat menyatu dengan tanaman induk, setelah menyatu maka tanaman yang disambung itu akan mendapatkan aliran makanan dari tanaman induk tersebut. Demikian juga dengan kita, kita mendapatkan makanan dan warisan dari Tuhan Yesus Kristus, karena kita telah disambungkan dengan Tuhan Yesus Kristus.
Tuhan Yesus Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis : ”Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib !” Tuhan Yesus membuat hal ini, supaya didalam Dia berkat Abraham sampai kepada kita ( Galatia 3 : 13 – 14).
Jika kita milik Kristus maka kita adalah keturunan Abraham dan berhak menerima janji Allah ( Galatia 3 : 29). Abraham memberikan harta pusakanya kepada Ishak, Ishak mempunyai anak dua orang yaitu Esau dan Yakub. Ishak memberikan harta pusaka kepada Yakub.
Bagaimana caranya untuk memperoleh harta pusaka yang terbaik ? Kita harus menyeberangi sungai Yordan dan masuk dalam tanah Kanaan. Didalam Bilangan 32 : 1 – 42 ada 2 setengah dari Suku Israel yang tidak mau masuk ke Tanah Kanaan karena mereka melihat bahwa Tanah yang ada di situ sudah cukup bagus. Mereka menolak setiap jatah yang Tuhan berikan kepada mereka. Kenapa menolak Jatah yang diberikan Tuhan ? Karena ketidakpuasan.
Bagaimana masuk ke Tanah Kanaan ?
  1. Yosua 3 : 1 à Mempunyai Roh yang rindu mencari Tuhan. Yosua bangun pagi – pagi dan ia mencari Tuhan Yesus dengan penuh kerinduan. Tidak ada waktu santai untuk orang yang mau menerima harta pusaka dari Tuhan Yesus.
  2. Yosua 3 : 3 à Menerima Janji – Janji Tuhan. Tabut Perjanjia yang dibawa oleh orang Israel berisi dengan janji – janji Tuhan. Untuk memperoleh janji Tuhan dalam hidup kita, kita harus seirama dengan Raja diatas segala raja. Kita harus Taat dengan apa yang Tuhan Yesus perintahkan dalam hidup kita.
  3. Yosua 3 : 15 à Taat kepada Arahan dan Pimpinan Tuhan Yesus Kristus.
Kita harus minta sama Tuhan Harta Pusaka tersebut. Apakah harta pusaka Tuhan itu ? Harta tersebut bisa Hikmat, Kepandaian dan Kekayaan. Kita minta kunci untuk membuka harta pusaka yang Tuhan berikan. Kunci Abraham yang harus kita minta. Kenapa Kunci Abraham ? Kita bisa mempelajari dari kehidupan Abraham, Abraham mempunyai Ketaatan yang luar biasa, Abraham Mempunyai Iman, dan Abraham peduli dengan orang lain. Amin
                                                                      Ditulis oleh : Joshua
Cirebon, 26 Agustus 2010
By His Grace
Ev. Nany Susanty SH

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar