Senin, 29 April 2019

AKU NGERTI CARA SUKSES, TAPI KOK AKU GA SUKSES?

Pada suatu ketika, saya melihat ada dua teman saya yang sedang bercakap-cakap. Saya sedikit penasaran dengan apa yang sedang mereka bicarakan, sehingga saya memutuskan untuk nimbrung masuk ke dalam percakapan mereka. Dan ternyata, mereka sedang membicarakan tentang fitness.
Salah satu dari teman saya ini memiliki tubuh yang gemuk, sedangkan yang satu lagi memiliki tubuh yang ideal (tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk). Namun uniknya, teman saya yang gemuk ini lah yang lebih banyak berbicara. Dia menjelaskan tentang metode work-out yang baik, dia menjelaskan tentang makanan-makanan yang harus dimakan dan makanan-makanan yang harus dihindari, dan dia juga menjelaskan tentang berbagai jenis supplement yang dapat membantu pertumbuhan otot.
Saya pun menjadi sangat bingung, “Mengapa orang ini seperti mengetahui banyak tentang fitness, tetapi tubuhnya tidak menunjukkan bahwa dia seseorang yang suka fitness.”
Beberapa bulan setelah percakapan itu terjadi, saya bertemu kembali dengan teman saya yang gemuk tersebut. Saya tidak melihat perubahan sama sekali pada tubuhnya. Singkat cerita, saya menemukan bahwa ternyata dia masih memakan segala jenis makanan berminyak yang tidak sehat, dan dia juga sudah berhenti fitness.


Saya percaya kalian juga pasti pernah menyaksikan orang-orang yang seperti ini. Mungkin seseorang menceritakan tentang bagaimana cara menjadi sukses, tetapi ternyata hidupnya tidaklah sukses. Mungkin seseorang menceritakan tentang bagaimana cara mendapatkan pacar, tetapi ternyata dirinya ditolak terus oleh wanita. Mungkin seseorang menceritakan tentang Firman Tuhan, tetapi ternyata hidupnya tidak mencerminkan Firman Tuhan. Dalam kata lain, orang-orang ini adalah orang-orang yang omdo (Omong Doang).
Teman-teman, jangan sampai kita menjadi orang-orang yang hanya tau apa yang harus dilakukan, tetapi tidak sungguh-sungguh melakukannya. Seberapa besar pun pengetahuan kita tentang fitness, jika kita tidak menerapkannya, kita tidak akan pernah memiliki badan yang keren. Seberapa besar pun pengetahuan kita tentang cara menjadi sukses, jika kita tidak menerapkannya, kita tidak akan pernah mencapai kesuksesan. Seberapa besar pun pengetahuan kita tentang Alkitab, jika kita tidak menerapkannya, hidup kita tidak akan berubah ke arah yang lebih baik.
“Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu. Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, tetapi rumah itu tidak rubuh sebab didirikan di atas batu.
Tetapi setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan tidak melakukannya, ia sama dengan orang yang bodoh, yang mendirikan rumahnya di atas pasir. Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, sehingga rubuhlah rumah itu dan hebatlah kerusakannya.” (Matius 7:24-27)
Mengumpulkan pengetahuan adalah sesuatu yang baik, tetapi janganlah sampai kita lupa untuk menerapkan pengetahuan yang telah kita kumpulkan. Saya percaya setiap dari kita sudah sering mendengar Firman Tuhan—maka itu sekarang yang harus kita lakukan adalah mencoba untuk menerapkannya di dalam hidup kita. Jangan sampai Firman Tuhan hanya menjadi sesuatu yang masuk kuping kanan dan keluar kuping kiri. Marilah kita hidup di dalamnya, dan saya berjanji kita semua pasti akan melihat hal-hal luar biasa terjadi di dalam hidup kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar